Asyiknya Mancing Ikan Lele (Catfish)

By 07.59

Dari sekian banyak jenis ikan, bisa jadi ikan lele (catfish) masuk daftar utama ikan yang paling saya senangi untuk dipancing. Alasan utamanya adalah perlawanan ikan lele (terutama yang berukuran besar) yang sangat terasa sensasinya, nyaris seperti menarik kantong beras dari dalam air. Karena ikan berkumis ini kalau sudah terkail akan menekan dalam-dalam tubuhnya ke dasar.

Pengalaman saya memancing lele kebanyakan di empang-empang kiloan atau di kolam catch and release (CnR), dari yang ukuran pecel lele sampai dengan ukuran Jumbo yang bisa buat pegal tangan. Untuk memancing lele biasanya saya menggunakan umpan cacing yang ditusuk bergerombol atau dengan umpan pelet / pakan lele yang dicampur dengan tuna kalengan.

Cara memasang umpan atau rangkaian untuk memancing lele biasanya saya pakai rangkaian dasaran. Karena lele selalu meliuk / berputar sebagai upanya melepaskan diri dari kail, maka saya wajib memakai kili-kili, sehingga urutannya adalah kili-kili, timah, kail&umpan. Kalau menggunakan pelet, jangan ragu untuk memasang pelet sampai menutupi kail sepenuhnya. Biasanya makin besar ikan lele, maka lebih besar lagi umpan yang harus kita pasang. Tujuannya agar lele target dapat mengendus bau umpan dengan cepat dan juga agar kail tidak menyangkut di badan lele.

Ikan Lele cukup besar yang terpancing oleh kawan saya
Saat paling mudah memancing lele adalah saat malam hari, karena sifat lele yang nokturnal (aktif bergerak mencari makan di malam hari). Tetapi bukan berarti lele tidak dapat dipancing saat siang hari, terutama di kolam, biasanya saya menempatkan umpan di pinggir atau di tempat yang agak tertutup / gelap dari sinar matahari.

Selain dengan teknik dasaran, ternyata memancing lele juga dapat menggunakan teknik pelampungan. Biasanya pemancing lele memposisikan umpan beberapa cm dari dasar kolam. Tujuannya agar ketika ikan lele menyambar umpan maka pelampung akan langsung tenggelam, selain itu ketika ada lele yang datang mendekat maka pelampung akan menandakan keberadaan lele tsb dengan bergerak kiri-kanan.

Memancing Ikan Lele bisa dengan Pelet
Oh iya, jenis umpan yang disukai lele adalah umpan yang berbau amis, anyir, dan asam. Beberapa umpan hidup untuk mancing lele seperti cacing, orong-orong, cicak, lintah, dll terbukti sangat ampuh untuk memancing lele di alam bebas. Sedangkan umpan pelet dapat digunakan untuk memancing ikan lele yang berada di kolam.

sumber : http://ceritamancing.blogspot.com/

You Might Also Like

0 komentar